FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian)


FUPEI adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.

Sejarah
FUPEI yang berdiri pada bulan Mei 2004 didirikan oleh Sanny Gaddafi. Pada mulanya, ide dasar untuk membangun situs ini berawal dari hanya sebuah hobi yang dipicu oleh merajalelanya Friendster pada saat itu. Namun, lama kelamaan FUPEI mendapat tanggapan yang positif dari pengguna internet di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. Hal ini menjadikan sebuah motivasi bagi sang pendiri untuk terus bekerja keras mengembangkan situs jaringan sosial ini.
FUPEI mulai melakukan perombakan dari sisi teknologi dan antar-muka pengguna pada bulan Agustus 2006 guna meningkatkan usabilitas untuk para penggunanya. Hal ini menjadikan FUPEI dapat meraih peningkatan jumlah pengguna dalam waktu singkat dan terus berkembang hingga saat ini.

Fitur-fitur menarik yang terdapat dalam FUPEI, antara lain:
  • Shoutbox, berada di halaman profil fupeis yang berfungsi layaknya sebagai sebuah program chatting sederhana, hanya pada shoutbox, fupeis biasanya mengirimkan pesan-pesan singkat di dalam profil fupeis lain.
  • Album foto di dalam FUPEI memungkinkan fupeis menyimpan foto dengan kapasitas yang tidak terbatas. Fupeis dapat melihat, mengoleksi, serta mengomentari foto-foto fupeis lain.
  • Musik, Sebuah player musik disajikan untuk memutar musik kesukaan fupeis.
  • Video, Tidak kalah dibandingkan YouTube milik Google, situs dalam negeri ini dapat unjuk gigi karena memiliki fasilitas pemutar video dengan fungsionalitas yang hampir sama dengan YouTube.
  • Kalender Kegiatan, Sebuah kalender juga disediakan untuk mencukupi kebutuhan fupeis dalam mengatur jadwal pribadi. Melalui kalender kegiatan ini, fupeis dapat melihat kegiatan-kegiatan fupeis lain, saling berbagi, dan dapat mengundang fupeis-fupeis lain untuk acara atau kegiatan tertentu.
  • Games, FUPEI menghadirkan permainan-permainan yang cukup menarik dalam bentuk flash. Melalui fitur ini, FUPEI juga menghidupkan kembali game-game klasik, seperti tetris, pacman, maupun space invader. Melalui persaingan yang ketat, para fupeis giat berkompetisi untuk meraih skor tertinggi.
  • Chattting, Fitur ini memungkinkan fupeis dapat melakukan chatting terhadap sesama fupeis tanpa keluar dari halaman FUPEI untuk menggunakan program-program chatting yang popular, seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, Camfrog, Mirc, dan lain-lain. Bahkan fupeis dapat membuat ruang-ruang sendiri di dalam chatroom yang disediakan FUPEI.
Tertarik? Bergabung dan daftar disini : FUPEI


Related Post:

2 komentar:

Tinggalkan pesan untuk memberikan saran dan kritiknya. Terimakasih

Like